terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Kemenhub Targetkan pada 2030 Rel Kereta yang Beroperasi di RI Capai 10.000 Km - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kemenhub Targetkan pada 2030 Rel Kereta yang Beroperasi di RI Capai 10.000 Km
Jun 11th 2025, 18:49 by kumparanBISNIS

Ilustrasi pekerja rel kereta api Foto: kumparan
Ilustrasi pekerja rel kereta api Foto: kumparan

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Allan Tandiono, menargetkan rel kereta api di Indonesia yang beroperasi pada 2030 panjang bisa mencapai 10.000 kilometer (km).

Allan menuturkan, kereta api merupakan salah satu mode transportasi yang sangat efisien untuk mengurangi biaya logistik. Untuk pengembangannya, pemerintah butuh investasi yang besar.

Dia menyebutkan, Indonesia saat ini memiliki 7.000 km jalur kereta api yang beroperasi. Sampai 5 tahun ke depan, pemerintah menargetkan penambahan jalur kereta api aktif hingga 3.000 km.

"Indonesia punya mimpi yang besar untuk mengembangkan perkeretaapian kami di 2030. Kami berharap kami sudah memiliki jalur rel kereta api lebih dari 10.000 km," ungkapnya saat International Conference of Infrastructure (ICI) 2025, Rabu (11/6).

Allan menuturkan, sistem perkeretaapian yang akan dikembangkan mencakup kereta api kargo seperti di kawasan pertambangan di Bengkulu. Dia juga melihat potensi angkutan kargo di Kalimantan.

"Kita juga bicara tentang potensi angkutan kereta api barang di Kalimantan. Banyak daerah pertambangan Kalimantan yang masih belum terhubung dengan pelabuhan," jelas Allan.

Namun, dia menyebutkan pengembangan jalur kereta api membutuhkan pendanaan jumbo. Dia mencontohkan, untuk membangun sistem kereta bawah tanah (metro) saat ini perlu investasi USD 120 juta per km.

Ilustrasi rel kereta. Foto: Ari Bowo/Antara
Ilustrasi rel kereta. Foto: Ari Bowo/Antara

Dengan begitu, pemerintah akan membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi investor swasta, baik itu domestik maupun asing, ikut mendanai proyek pengembangan jalur kereta api di Indonesia.

"Bayangkan kalau kita perlu membangun 20 km, berapa banyak uang yang harus disediakan oleh pemerintah. Jadi komitmen kami adalah kami akan membuka diri untuk semua bisnis dari lokal, asing, para investor kami membuka diri, kami akan melindungi investasi anda," tegas Allan.

Menurut dia, kereta api juga tidak hanya bermanfaat mengurangi biaya logistik, namun juga menjadi salah satu moda transportasi yang disukai oleh banyak orang.

Dia mencontohkan KRL Jabodetabek bisa mengangkut 1 juta penumpang setiap hari, bahkan kereta cepat Whoosh mencapai 20.000 per hari.

"Kereta cepat Jakarta-Bandung saat kami memulai proyek tersebut, banyak yang bertanya-tanya siapa yang akan naik kereta itu karena jaraknya pendek, tapi hari ini di weekend kami melayani lebih dari 20.000 orang penumpang," kata Allan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: