terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Menhub Masih Kaji Rencana Reaktivasi Jalur KA Ciwidey Usai 43 Tahun Tutup - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Menhub Masih Kaji Rencana Reaktivasi Jalur KA Ciwidey Usai 43 Tahun Tutup
May 8th 2025, 17:27 by kumparanBISNIS

Ilustrasi KAI. Foto: Dok. KAI
Ilustrasi KAI. Foto: Dok. KAI

Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi menilai rencana pengaktifan kembali jalur kereta api Bandung-Ciwidey masih perlu kajian mendalam. Jalur kereta ini berhenti beroperasi sejak 1982 atau 43 tahun lamanya.

Meski begitu, Dudy mendukung rencana reaktivasi yang akan dilakukan Gubenur Jawa Barat, Dedi Mulyadi.

"Kita akan kaji dulu, tapi kita akan mendukung. Nanti kita lihat sampai seberapa jauh jalur-jalur itu bisa kita aktifkan. Semuanya harus dikaji secara sosial, ekonomi dan sebagainya," kata Dudy di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (8/5).

Dudy mengatakan sejauh ini belum ada target yang dipatok oleh pemerintah baik Kemenhub maupun Pemda Jawa Barat dalam upaya reaktivasi ini. Hanya saja dia menyoroti besarnya anggaran untuk merealisasikan rencana ini, sehingga hasil studi itu nantinya akan memuat sejumlah perencanaan termasuk perihal anggaran.

"Dari hasil studi itu kemudian kita melakukan perencanaan kira-kira berapa lama selesainya, kemudian termasuk kebutuhan dananya dan sebagainya. (Anggaran) biasanya sih besar mungkin," imbuh Dudy.

Jalur kereta api Bandung-Ciwidey resmi berhenti beroperasi pada tahun 1982 karena beberapa hal, mulai dari kalah bersaing dengan transportasi mobil dan truk, serta peristiwa kecelakaan di Cukanghaur pada tahun 1970-an. Jalur ini dulunya digunakan untuk mengangkut hasil bumi dari Bandung Selatan ke Stasiun Bandung dan Jakarta.

Family Adventure Camp, Ciwidey. Foto: Adisty Putri Utami/kumparan
Family Adventure Camp, Ciwidey. Foto: Adisty Putri Utami/kumparan

Sebelumnya langkah reaktivasi jalur kereta api Jawa Barat ini juga dipandang akan memiliki sederet tantangan yang akan dihadapi, meskipun juga dilihat sebagai upaya positif.

Ketua Bidang Perkeretaapian Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Aditya Dwi Laksana, mengatakan reaktivasi ini menghadapi dua tantangan utama, yaitu pembiayaan dan pengadaan lahan.

Dia menyoroti kepadatan bangunan di bekas jalur KA ke Ciwidey ini khususnya di daerah Cikidapateuh, Buahbatu, Dayeuhkolot, Banjaran, dan Soreang. Sehingga menjadi tantangan tersendiri untuk penyediaan lahan.

Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno juga menilai mengaktifkan kembali jalur rel di Jawa Barat membutuhkan anggaran yang cukup.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: