terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download
>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:
Kecil-kecil Cabai Rawit! Ini Alasan Ban Pesawat Sangat Kuat dan Jarang Pecah - my blog
Jan 21st 2025, 15:00, by Gitario Vista Inasis, kumparanTRAVEL
Travelertentu pernah melihat ban kendaraan meletus karena panas dan juga karena benturan yang keras. Tapi pernahkah terlintas di benakmu kenapa ya, ban di pesawat terbang jarang pecah padahal harus menahan beban yang berat dan benturan setiap hari saat melakukan pendaratan.
Serta mampu bertahan dalam kondisi landasan pacu yang bisa sangat panas atau dingin karena musim dingin? Ternyata ini alasannya.
Menurut laporan Business Insider, saat mendarat, kecepatan pesawat berada pada angka 200-300 kilometer (km) per jam, dan untuk menahan gaya tersebut, ban memegang peranan penting seperti dilansir news18.com.
Alasan kenapa ban pesawat sangat kuat adalah karena ban pesawat memiliki bahan yang berbeda dari kendaraan lainnya.
Ban pesawat terdiri dari kombinasi senyawa karet sintetis eksklusif, yang dipadukan dengan baja, aluminium, nilon, dan kain aramid.
Enggak hanya itu, untuk memastikan ban pesawat tidak pecah atau meledak, ban tersebut dipompa dua kali lebih banyak dari ban truk dan enam kali lebih banyak dari ban mobil, yang membantu menahan beban lebih banyak. Jadi, semakin tinggi tekanannya, semakin kuat ban tersebut.
Alasan Ban Pesawat Jarang Pecah
Sementara itu, karena kecepatan tinggi dan gesekan antara ban dan permukaan jalan, ada kemungkinan besar ban pesawat terbakar.
Dan untuk melindunginya, ban pesawat biasanya diisi dengan gas Nitrogen, yang sifatnya inert (gas yang tidak bersifat reaktif dengan zat lain sehingga cenderung lembam dalam keadaan normal) sehingga perubahan suhu dan tekanan saat mendarat memberikan efek minimal terhadap ban.
Tak hanya itu, pemeliharaan dan inspeksi rutin juga merupakan kunci penting dalam memastikan ban pesawat tetap dalam kondisi optimal.
Maskapai penerbangan memiliki jadwal pemeliharaan yang ketat untuk memeriksa dan mengganti ban pesawat secara berkala, memastikan tidak ada kerusakan yang bisa membahayakan keselamatan penerbangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar