terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

5 Fakta Claudia Sheinbaum, Presiden Perempuan Pertama Meksiko - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
5 Fakta Claudia Sheinbaum, Presiden Perempuan Pertama Meksiko
Oct 8th 2024, 14:09, by Hutri Dirga Harmonis, kumparanWOMAN

Presiden perempuan pertama Meksiko Claudian Sheinbaum. Foto: Alfredo ESTRELLA / AFP
Presiden perempuan pertama Meksiko Claudian Sheinbaum. Foto: Alfredo ESTRELLA / AFP

Perempuan yang berkiprah di dunia kepemimpinan kian bertambah, Ladies. Kali ini datang dari Claudia Sheinbaum yang resmi menjadi presiden perempuan pertama Meksiko. Ia akan menjabat sebagai presiden negara tersebut periode 2024-2030 usai dilantik pada Selasa (1/10).

Reuters melansir, kandidat dari partai Morena ini memenangkan Pemilu pada Juni 2024 lalu dengan raihan suara hampir 60 persen. Hal ini juga menjadi pencapaian bersejarah di sebuah negara yang dikenal dengan budaya patriarkinya yang sangat kuat.

Sebagai presiden perempuan pertama di Meksiko, Claudia berjanji untuk mendukung hak-hak perempuan, memerangi kekerasan, dan diskriminasi gender.

"Sudah waktunya untuk transformasi, sudah waktunya bagi perempuan. Saya akan mengabdikan pengetahuan, kekuatan, dan hidup saya untuk melayani rakyat dan tanah air. Bersama-sama, kita akan membangun Meksiko yang lebih makmur, bebas, demokratis, berdaulat, dan adil," ujar Claudia seperti dikutip dari Reuters.

5 fakta menarik soal Claudia Sheinbaum

Presiden Meksiko Claudian Sheinbaum. Foto: Rodrigo Oropeza / AFP
Presiden Meksiko Claudian Sheinbaum. Foto: Rodrigo Oropeza / AFP

1. Kuliah jurusan fisika

Claudia Sheinbaum lahir di Kota Meksiko pada 24 Juni 1962. Dikutip dari CNN, ia mengenyam pendidikan di sarjana di National Autonomous University of Mexico (UNAM) di jurusan ilmu fisika. Tapi sambil berkuliah, Claudia juga bergabung dalam kelompok politik mahasiswa Consejo Estudiantil Universitario yang aktif menyuarakan kualitas pendidikan Meksiko.

Claudia melanjutkan pendidikannya di University of California dan meraih gelar master di bidang teknik energi. Lalu ia kembali ke UNAM untuk melanjutkan pendidikan doktoralnya.

2. Memulai karier sebagai fisikawan

Ia memulai kariernya sebagai fisikawan yang bekerja di Lawrence Berkeley National Laboratory di California. Claudia juga tercatat sebagai peneliti di kampus lamanya, UNAM dan bergabung sebagai anggota Sistema Nacional de Investigadores serta Akademi Ilmu Pengetahuan Meksiko.

3. Terjun ke politik sejak tahun 2000

Presiden Meksiko Claudian Sheinbaum. Foto: Alfredo ESTRELLA / AFP
Presiden Meksiko Claudian Sheinbaum. Foto: Alfredo ESTRELLA / AFP

Perempuan 62 tahun itu resmi terjun ke dunia politik pada tahun 2000, saat ia ditunjuk sebagai sekretaris lingkungan hidup Kota Meksiko dan menjabat selama empat tahun. Selama bertugas, Claudia bertanggung jawab atas pembangunan pusat registrasi kendaraan elektronik untuk Kota Meksiko. Ia juga mengawasi pengenalan teknologi metrobus, yaitu siste bus rapid transit dengan jalur khusus dan pembangunan jalan lingkar Kota Meksiko.

Pada tahun 2015 Claudia terpilih sebagai kepala distrik Tlalpan, Kota Meksiko dan menjabat hingga 2017. Kemudian ia juga terpilih sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Walikota Kota Meksiko selama enam tahun, sebelum mengundurkan diri pada 2023 untuk bersiap menjadi kandidat presiden.

4. Pernah dapat Nobel Perdamaian

Claudia sempat meninggalkan dunia politik selama beberapa tahun dan bergabung dengan Panel Internasional Perubahan Iklim (IPCC) PBB dan berhasil mendapatkan Hadiah Nobel Perdamaian pada 2007. Prestasinya di bidang akademik sebagai fisikawan dengan gelar doktor yang berfokus pada teknik rekayasa energi terbarukan membuat Claudia dijuluki la Doctora.

5. Claudia seorang istri, ibu, dan nenek

Berbicara soal kehidupan pribadinya, Claudia merupakan seorang istri dari pria bernama Jesus Maria Tarriba, yakni seorang ahli keuangan di Bank of Mexico. Ia juga seorang ibu dari satu anak dan nenek dari seorang cucu.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: