terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

5 Cara Penerapan Ragam Hias pada Tekstil - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
5 Cara Penerapan Ragam Hias pada Tekstil
Apr 26th 2024, 21:03, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sebutkan 5 Cara Penerapan Ragam Hias Pada Tekstil, Foto: Unsplash/Andrey Danilovich.
Ilustrasi Sebutkan 5 Cara Penerapan Ragam Hias Pada Tekstil, Foto: Unsplash/Andrey Danilovich.

Ragam hias adalah istilah yang digunakan dalam seni dan arsitektur untuk merujuk pada pola atau motif dekoratif yang digunakan untuk menghiasi berbagai jenis benda atau struktur. Sebutkan 5 cara penerapan ragam hias pada tekstil!

Ragam hias di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor lingkungan alam, flora dan fauna, serta manusia yang hidup di dalamnya. Di mana penerapannya pada bahan tekstil banyak dijumpai di daerah Nusantara.

Cara Penerapan Ragam Hias pada Tekstil

Ilustrasi Sebutkan 5 Cara Penerapan Ragam Hias Pada Tekstil, Foto: Unsplash/Darkdiamond67.
Ilustrasi Sebutkan 5 Cara Penerapan Ragam Hias Pada Tekstil, Foto: Unsplash/Darkdiamond67.

Dikutip dari buku Buku Siswa Seni Budaya SMP/MTs Kelas 7 karya Sri Sudaryati, S.Pd. M.M (2021: 190), penerapan ragam hias flora, fauna, dan bentuk imajinasi geografis pada bahan tekstil sudah banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Sebutkan 5 cara penerapan ragam hias pada tekstil!

1. Tenun

Ragam hias dapat diterapkan melalui proses tenun, di mana pola atau motif yang diinginkan disusun dengan menggunakan benang berwarna-warni pada kerangka tenun. Pola ini kemudian terbentuk saat benang disilangkan dan ditenun bersama.

2. Batik

Batik adalah teknik pewarnaan kain tradisional di mana pola-pola atau motif-motif diterapkan pada kain dengan menggunakan lilin atau malam sebagai penghalang.

Bagian-bagian tertentu dari kain dilapisi dengan lilin sehingga tidak menyerap warna, sehingga membentuk pola atau motif yang diinginkan ketika kain dicelupkan ke dalam larutan pewarna.

3. Sulaman

Sulaman adalah proses menambahkan pola atau motif pada kain dengan menggunakan benang atau pita yang ditenun atau dijahit ke permukaan kain.

Ragam hias dapat diterapkan melalui berbagai teknik sulaman seperti tusuk jelujur, tusuk rantai, tusuk daun, dan lain sebagainya.

4. Printing

Teknik printing atau pencetakan adalah cara penerapan ragam hias dengan mencetak motif atau pola secara langsung ke permukaan kain menggunakan alat cetak seperti cetakan kayu, cetakan logam, atau cetakan lainnya.

Metode ini dapat menciptakan pola yang kompleks dan berwarna-warni dengan cepat dan efisien.

5. Aplikasi

Ragam hias juga dapat diterapkan pada tekstil melalui teknik aplikasi, di mana potongan kain dengan motif atau pola tertentu ditempelkan atau dijahitkan ke kain dasar untuk menciptakan desain yang lebih kompleks.

Teknik ini sering digunakan untuk menciptakan tekstil dengan tekstur yang kaya dan dimensi yang menarik.

Baca Juga: Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 9 Halaman 210: Uji Kompetensi Musik Ansambel

Demikian jawaban soal "Sebutkan 5 cara penerapan ragam hias pada tekstil!". Penerapan ragam hias pada tekstil ini banyak dijumpai dalam ragam hias. (Umi)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: