terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Oreo Kemasan Bercorak Wastra, Terinspirasi dari 4 Kain Tradisional Indonesia - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Oreo Kemasan Bercorak Wastra, Terinspirasi dari 4 Kain Tradisional Indonesia
Oct 16th 2024, 14:00, by Azalia Amadea, kumparanFOOD

Peluncuran online Oreo Batik, Selasa (15/10/24). Foto: Dok. Oreo Indonesia
Peluncuran online Oreo Batik, Selasa (15/10/24). Foto: Dok. Oreo Indonesia

Oreo, merek biskuit hitam dengan isian krim putih sudah sejak lama menemani waktu ngemil masyarakat Indonesia. Maka itu, untuk merayakan warisan budaya Indonesia, yakni salah satunya batik, bertepatan di bulan Oktober, merek biskuit tersebut kini meluncurkan kemasan bercorak wastra (kain tradisional) secara online pada Selasa (15/10).

Wastra merupakan kain tradisional khas Indonesia yang meliputi batik, tenun, songket, dan lain-lain. Menghadirkan empat kemasan bergambar wastra Indonesia, Oreo mengajak setiap orang untuk merayakan keindahan dan keberagaman budaya Indonesia, sambil menciptakan momen-momen seru bersama keluarga.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi inisiasi peluncuran Oreo Batik tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari Oreo yang mengajak kita semua untuk lebih menghargai dan merayakan keberagaman budaya Indonesia, khususnya kain batik yang telah diakui oleh UNESCO sejak tahun 2009. Kami berharap inisiatif ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama generasi muda, agar memiliki kebanggaan dan tergerak untuk turut melestarikan dan mempromosikan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Dengan melestarikan batik, kita juga menjaga kearifan lokal yang bisa menjadi sumber inspirasi dan inovasi bagi generasi mendatang," kata Sandiaga.

Peluncuran online Oreo Batik, Selasa (15/10/24). Foto: Dok. Oreo Indonesia
Peluncuran online Oreo Batik, Selasa (15/10/24). Foto: Dok. Oreo Indonesia

Khrisma Fitriasari, Head of Corporate Communications and Government Affairs Mondelez Indonesia, turut mengungkapkan bahwa inisiasi ini juga menjadi langkah untuk mempromosikan budaya Indonesia ke mata dunia.

"Kami pun turut berbangga karena biskuit Oreo yang dinikmati di 40 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah dan termasuk Jepang, Australia dan Selandia Baru, merupakan buatan pabrik di Cikarang, Indonesia. Dibuat oleh orang Indonesia dan untuk dinikmati orang Indonesia dan dunia," jelas Khrisma.

Lebih lanjut mengenai edisi spesial Oreo Batik, Dian Ramadianti, Senior Marketing Manager Biscuits Mondelez Indonesia menjelaskan bahwa ada empat corak wastra yang diambil untuk desain kemasannya.

Peluncuran online Oreo Batik, Selasa (15/10/24). Foto: Dok. Oreo Indonesia
Peluncuran online Oreo Batik, Selasa (15/10/24). Foto: Dok. Oreo Indonesia

Empat corak tersebut seperti batik Mega Mendung dari Cirebon pada Oreo varian rasa original; kain songket dari Palembang pada Oreo varian rasa strawberry; tenun Sengkang dari Makassar pada Oreo varian rasa blueberry; dan tenun endek dari Bali pada Oreo varian rasa cokelat.

Selain itu, untuk menjelajah kekayaan tradisi dan budaya Indonesia lebih jauh, khususnya terkait batik, Oreo pun turut menggandeng perancang busana dan Nusantara Wisdom Consultant Era Soekamto.

Era mengatakan, wastra Indonesia merupakan salah satu bukti nyata perjalanan panjang akan keragaman budaya Indonesia.

"Layaknya wastra Nusantara, dalam setiap motifnya tersimpan kelestarian dan kesadaran terhadap nilai-nilai luhur budaya yang bisa menyatukan Indonesia. Saya berharap hadirnya Oreo edisi spesial ini bisa menjadi daya tarik bagi lebih banyak masyarakat Indonesia untuk merayakan keberagaman, sekaligus lebih mengenal dan memperkuat rasa kepemilikan akan warisan budaya Indonesia," tuturnya yang juga hadir dalam peluncuran tersebut.

Tak hanya Era, sebagai kain tradisional enthusiast, Nadine Chandrawinata juga membagikan tips dan caranya memperkenalkan budaya tradisional kepada anak-anak. Menurutnya, dengan kehadiran biskuit berkemasan batik ini mempermudah dirinya mengajarkan tentang kain tradisional dan budayanya kepada anak-anaknya.

"Sambil membangun kedekatan keluarga, kita bisa mengajak anak ataupun anggota keluarga lainnya untuk mulai mengenal warisan budaya Indonesia seperti batik. Terlebih, anak-anak pun sudah sangat familiar dengan ragam dan keseruan yang selalu dihadirkan Oreo. Misalnya, keluargaku sudah terbiasa memilah sampah plastik di rumah, nah kemasan bergambar wastra seperti ini bisa kita gunting, kumpulkan dan ditempelkan ke kanvas kosong untuk jadi sebuah prakarya baru," kata Nadine.

Selain menghadirkan kemasan baru, merek biskuit yang sudah berusia 100 tahun tersebut juga menyiapkan berbagai program customer promotion atau hadiah menarik, seperti merchandise eksklusif dari Era Soekamto yang bisa didapatkan dengan memindai barcode pada kemasannya.

Perancang busana dan Nusantara Wisdom Consultant Era Soekamto dalam peluncuran online Oreo Batik, Selasa (15/10/24). Foto: Dok. Oreo Indonesia
Perancang busana dan Nusantara Wisdom Consultant Era Soekamto dalam peluncuran online Oreo Batik, Selasa (15/10/24). Foto: Dok. Oreo Indonesia

Selain itu, Oreo juga mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam kompetisi desain kain Batik digital yang diunggah melalui akun instagram. Nantinya, desain Batik digital ini akan dipilih oleh tim Oreo bersama Era Soekamto dan lima desain terpilih berkesempatan untuk dipakai oleh influencer.

Saat ini, edisi spesial Oreo Batik telah tersedia di pasar Indonesia dan dijual tersebar di seluruh toko terdekat.

Di akhir acara, Dian turut menerangkan bahwa guna menciptakan dukungan yang lebih luas terhadap pelestarian kain Indonesia, perusahaan biskuit ini juga mengadakan program CSR dengan untuk ribuan pengrajin dan pengusaha batik di Cirebon.

"Berbagai bantuan dan pelatihan pun telah kami siapkan guna mendukung produktivitas pengrajin maupun pengusaha batik, mulai dari pengadaan alat membatik dan pengolahan limbah hingga peralatan praktik membatik di sekolah untuk mendorong regenerasi pengrajin batik dari kalangan generasi muda," tutup Dian.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: