terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Ponpes dan Desa Binaan, Langkah Nyata Pengabdian FK Unusa Kepada Masyarakat - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Ponpes dan Desa Binaan, Langkah Nyata Pengabdian FK Unusa Kepada Masyarakat
Sep 12th 2024, 08:59, by Masruroh, BASRA (Berita Anak Surabaya)

Dekan FK Unusa, Dr dr Handayani, M.Kes,. Foto: Masruroh/Basra
Dekan FK Unusa, Dr dr Handayani, M.Kes,. Foto: Masruroh/Basra

Untuk berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jawa Timur, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mewujudkannya melalui pendampingan kepada pondok pesantren (ponpes) dan desa binaan.

"Kita memang ada kerja sama dengan ponpes-ponpes di Jawa Timur, ada sekitar 10 ponpes ya yang tersebar di Madura, Probolinggo, hingga Jombang," ujar Dekan FK Unusa, Dr dr Handayani, M.Kes., kepada Basra, Kamis (12/9).

Handayani melanjutkan, kegiatan pendampingan di ponpes mencakup kegiatan kurikuler dan non kurikuler. Kegiatan kurikuler masuk dalam pembelajaran FK Unusa yang berjudul pemberdayaan pesantren.

"Jadi ada mahasiswa kita yang turun ke ponpes. Di sana mereka akan melakukan survei terkait kebutuhan warga ponpes di bidang kesehatan. Kemudian mereka akan membuatkan program sebagai solusi dari masalah tersebut," terang Handayani.

"Dalam tersebut kita juga melibatkan peran serta warga ponpes, kita melatih mereka sebagai kader santri husada. Kemudian dibangunlah di setiap ponpes itu poskestren, pos kesehatan pesantren," imbuhnya.

Selain poskestren, bagi ponpes yang cukup memadai maka FK Unusa akan mendirikan klinik pratama yang menyediakan layanan kesehatan dari dokter.

Sedangkan kegiatan non kurikuler berupa kegiatan penelitian maupun penelitian masyarakat dari para dosen dan mahasiswa FK Unusa.

Ada pun desa yang kini telah menjadi binaan FK Unusa adalah Desa Sumber Glagah di Mojokerto.

"Di desa Sumber Glagah ini terdapat pemukiman warga yang merupakan penyintas dan penderita kusta," ungkap Handayani.

"Kita memberikan pelatihan kepada warga terkait siaga kusta, penanganan kusta itu seperti apa, kemudian pengolahan makanan bagi penderita kusta," sambungnya.

Handayani menegaskan untuk menjadikan sebuah desa sebagai binaan FK Unusa, pihaknya menekankan pada kriteria 3T. Yakni, daerah yang tergolong dalam daerah tertinggal, terdepan, dan terluar. Tertinggal berarti memiliki kualitas pembangunan yang rendah, di mana masyarakatnya kurang berkembang dibandingkan dengan daerah lain.

"Jadi desa yang benar-benar membutuhkan bantuan kita terutama dalam hal kesehatan," tandasnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: