terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Muhammadiyah Minta Kemendikbud Tarik Panduan Buku Sastra - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Muhammadiyah Minta Kemendikbud Tarik Panduan Buku Sastra
May 30th 2024, 09:29, by Ochi Amanaturrosyidah, kumparanNEWS

Ilustrasi siswa membaca buku. Foto: Unspalsh
Ilustrasi siswa membaca buku. Foto: Unspalsh

Majelis Pendidikan Dasar, Menengah, dan Nonformal (Dikdasmen PNF) PP Muhammadiyah meminta Kemendikbudristek lebih selektif memilih buku yang cocok untuk pendidikan. Wakil Ketua Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah, Alpha Amirrachman, juga meminta agar buku 'Panduan Penggunaan Rekomendasi Buku Sastra' ditarik dari peredaran.

"[Buku Panduan Penggunaan Rekomendasi Buku Sastra] merekomendasikan buku-buku sastra yang sebagian isinya mengandung kekerasan fisik dan seksual, serta perilaku hubungan menyimpang yang tidak sesuai dengan norma agama dan kesusilaan," kata Alpha dalam keterangannya, Kamis (30/5).

Menurutnya, beberapa rekomendasi dalam buku panduan itu kontra produktif dengan penguatan pendidikan karakter yang sedang digalakkan. Ia juga menilai sejumlah buku yang direkomendasikan ini berpotensi menimbulkan pemahaman yang keliru, terutama dalam ranah etika dan perilaku hubungan antar-manusia yang pantas dan beradab.

"Dan juga tidak sesuai dengan UU No 44 Tahun 2008 yang melarang menyebarkan pornografi termasuk perilaku yang menyimpang dalam bentuk apa pun," lanjutnya.

Ia lalu memberikan contoh beberapa frasa atau kalimat yang dinilai tak pantas untuk pendidikan di sekolah yang ada di sejumlah buku. Seperti, "Lelaki itu menarik tubuhku. Kemudian bersama dengan gerak mengayun ke bawah yang indah...."

"Terdapat juga kisah di mana seorang anak perempuan yang terganggu kejiwaannya secara seksual oleh orang dewasa," ungkap Alpha.

Alpha juga menilai disclaimer yang disebutkan dalam buku panduan itu tak menjamin bisa menghalangi siswa-siswa, terutama siswa-siswa usia anak dan remaja yang punya rasa ingin tahu besar, untuk membacanya. Para siswa ini, kata dia, bisa saja mengeksplorasinya lebih jauh terutama pada hal-hal yang tidak sesuai dengan norma.

"Selain itu buku pedoman dan buku-buku sastra yang direkomendasikan ini juga dapat menimbulkan kegaduhan di kalangan masyarakat dan mendisrupsi kegiatan belajar-mengajar yang sebelumnya sudah terhambat karena kurang ada perhatian khusus dari Kemendikbudristek dalam menjawab learning lost COVID-19 yang mengakibatkan memprihatinkan hasil PISA kita," tuturnya.

Alpha mengungkapkan, karena hal itulah, Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah mendesak Kemendikbudristek lebih berhati-hati lagi saat membuat kebijakan. Ia juga meminta kementerian berkonsultasi secara luas terlebih dahulu dengan pemangku kepentingan pendidikan yang relevan sebelum membuat kebijakan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: