terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download
>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:
Penjualan Produk Lokal di Shopee Naik 200 Persen Sepanjang 2024 - my blog
Dec 20th 2024, 16:32, by Angga Sukmawijaya, kumparanBISNIS
Platform lokapasar (e-commerce), Shopee Indonesia, mencatat lonjakan penjualan di sepanjang tahun 2024, terutama pada produk lokal dan UMKM hingga mencapai 200 persen dibandingkan tahun sebelumnya (yoy).
Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto, menjelaskan platform lokapasar terus berinovasi untuk menghadirkan pengalaman belanja yang nyaman bagi pembeli dan membuka peluang baru bagi para kreator, sejalan dengan perekonomian Indonesia yang tumbuh sebesar 4,95 persen (yoy) di kuartal III 2024
Shopee juga mencatat kenaikan penjualan kreator dan UMKM baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini ditunjang dengan inovasi peningkatan kualitas layanan yang dihadirkan seperti program Garansi Tepat Waktu, program afiliasi bersama YouTube Shopping.
Kemudian, kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal untuk mempermudah proses sertifikasi halal bagi UMKM, hingga peluang ekspor ke kawasan Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin.
"Inovasi menjadi kunci agar terus dapat relevan, menjaga kepercayaan, dan bisa terus bertumbuh. Dari pemahaman ini, kami sebagai platform e-commerce juga berusaha melahirkan berbagai inovasi baru," kata Christin melalui keterangan resmi, Jumat (20/12).
Penjual Lokal Tumbuh dan Berkembang
Christin menuturkan, program Ekspor Shopee dan kanal Shopee Pilih Lokal menjadi wadah yang mendorong inovasi. Tahun ini, jumlah produk lokal yang telah diekspor ke berbagai negara di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin tahun ini mengalami peningkatan hampir 50 persen dibandingkan tahun 2023.
Adapun beberapa kategori produk ekspor yang paling diminati adalah Fesyen Muslim, Fesyen Wanita, serta Fesyen Bayi & Anak. Di sisi lain, ragam promosi yang dihadirkan untuk membantu menumbuhkan kecintaan terhadap produk lokal juga melihat hasil yang positif.
"Penjualan produk lokal di kanal Shopee Pilih Lokal tahun ini melonjak lebih dari 200 persen dibandingkan tahun sebelumnya," ungkap Christin.
Di sisi lain, lanjut dia, kemudahan teknologi melalui kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal juga membantu 1.000 usaha lokal berhasil memperoleh sertifikasi halal pada tahun 2024, memperkuat kepercayaan dan tingkat kepuasan konsumen berbelanja di para penjual dan merchant ini.
"Program-program ini mendorong pemerataan pertumbuhan usaha lokal secara berkelanjutan. Di tahun 2024, UMKM dari Aceh Besar, Sinjai, Pohuwato, Pakpak Bharat, dan Pekalongan mencatatkan peningkatan penjualan tertinggi dalam melayani Pembeli dari berbagai penjuru negeri," tambah Christin.
Inovasi bagi Pembeli
Christin menambahkan, inovasi Shopee hadir untuk meningkatkan pengalaman belanja yang lebih baik. Salah satunya melalui program Garansi Tepat Waktu yang didukung oleh mitra jasa kirim seperti Anteraja, JNE, Pos Indonesia, dan SiCepat.
Melalui program ini, kata dia, pembeli dapat menikmati layanan pengiriman yang lebih baik, termasuk voucher pengganti jika pesanan tiba melebihi waktu yang dijamin. Inisiatif ini meningkatkan kepercayaan pembeli sebelum mereka melakukan transaksi.
"Tahun ini kami hadirkan fitur Rangkuman Penilaian berbasis Artificial Intelligence yang mempermudah Pembeli dalam membaca seluruh penilaian yang sudah diberikan pada produk tersebut. Fitur baru ini mendapatkan respon baik dari Penjual maupun Pembeli," papar Christin.
Kampanye tematik juga terus menjadi andalan bagi penjual dalam melayani pembeli. Kampanye 12.12 Birthday Sale yang baru saja usai berhasil membantu meningkatkan penjualan produk lokal dan UMKM hingga 7 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan hari biasa.
Inovasi bagi Kreator
Christin menyebutkan, konten interaktif seperti video dan live streaming juga menjadi pendorong inovasi. Fitur Shopee Live, yang dapat digunakan oleh penjual maupun kreator untuk sesi live streaming, telah ditonton sebanyak 735 juta jam sepanjang tahun 2024.
"Ini menunjukkan tingginya minat dari Pembeli pada konten interaktif yang juga melahirkan banyak peluang bagi Penjual," tuturnya.
Di tahun 2024, Shopee Live juga mencatatkan kenaikan jumlah Konten Kreator hingga 50 persen lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, membuka peluang bagi siapapun untuk mewujudkan mimpi mereka melalui Shopee.
Kenaikan ini juga berdampak positif terhadap penjualan produk UMKM, yang secara total telah terjual lebih dari 1 miliar produk UMKM melalui Shopee Live.
"Tidak hanya inovasi untuk pengalaman berbelanja para Pembeli, Shopee juga mendukung kebutuhan gaya hidup islami melalui fitur Al-Quran dan Kiblat yang yang tersedia pada kanal Shopee Barokah dan telah digunakan lebih dari 25 juta kali hingga tahun 2024," kata Christin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar