terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Penjualan Lebih Kecil dari Indonesia, Thailand Beri Insentif untuk Mobil Hybrid - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penjualan Lebih Kecil dari Indonesia, Thailand Beri Insentif untuk Mobil Hybrid
Aug 9th 2024, 06:00, by Sena Pratama, kumparanOTO

Model elektrifikasi mobil hybrid Toyota di GIIAS. Foto: dok. Toyota Indonesia
Model elektrifikasi mobil hybrid Toyota di GIIAS. Foto: dok. Toyota Indonesia

Distribusi mobil hybrid (HEV) di Indonesia pada semester satu tahun 2024 lebih banyak dibanding mobil listrik (BEV). Ini menjadi alasan pemerintah enggan mengeluarkan kebijakan baru seperti pemberian insentif untuk saat ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengatakan, penjualan kendaraan hibrida dengan skema regulasi yang sudah ada saat ini dinilainya sudah bagus. Bahkan, totalnya dua kali lebih banyak dibanding mobil BEV.

"Maka untuk otomotif, kebijakannya sudah dikeluarkan. Tidak ada perubahan kebijakan dan tambahan lain," ungkap Airlangga saat konferensi Pertumbuhan Ekonomi Q2 2024, awal pekan ini.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo memperlihatkan pengiriman mobil hybrid dari pabrik ke diler (wholesales) sepanjang periode Januari-Juni tahun ini sudah mencapai angka 25.807 unit. Kontras dengan BEV yang baru 11.938 unit.

Toyota Kijang Innova Zenix HEV di IIMS 2024.  Foto: dok. Toyota Astra Motor
Toyota Kijang Innova Zenix HEV di IIMS 2024. Foto: dok. Toyota Astra Motor

Kendati demikian, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam menilai meski performa distribusi mobil hybrid terlihat cemerlang, hal tersebut belum cukup vital di segmen pasar otomotif.

"Memang kelihatan penjualan mobil hybrid lebih baik dari BEV, tetapi belum cukup menjadikan Indonesia sebagai basis domestik dan ekspor karena masih kecil, kurang dari 10 persen. Ini ditandai masih banyaknya impor model HEV," urainya kepada kumparan, Rabu (7/8).

Pengembangan industri komponen elektrifikasi

Dalam konteks pengurangan emisi karbon kendaraan bermotor, mobil hybrid dinilai jadi salah satu jenis teknologi elektrifikasi yang mudah diserap oleh pasar domestik. Perkembangan ekosistemnya juga bisa memberi nilai tambah untuk industri otomotif nasional.

"Sebagai perbandingan, model hybrid juga baru-baru ini mendapat tambahan insentif di Thailand. Walaupun penjualan jauh lebih baik dari kita," imbuhnya.

"Ini perlu kita berikan agar ekosistem elektrifikasi berkembang di Indonesia. Terutama e-parts seperti motor, PCU, transexcel, dan battery yang saat ini masih minim investasi di Indonesia," pungkas Bob.

Mengutip laporan Reuters, Thailand baru-baru ini memperkenalkan pembebasan pajak baru untuk mobil hybrid yang diproduksi di negara tersebut.

Menurut dewan investasi setempat (BOI), pemerintah akan menurunkan pajak kendaraan hybrid yang diproduksi di Thailand mulai 2028 hingga 2023. Hal ini dilakukan supaya jenis kendaraan tersebut tetap kompetitif, setelah banyak pabrikan mobil listrik yang masuk ke sana.

Sekretaris Jenderal BOI Narit Therdsteerasukdi mengatakan, kendaraan hybrid memiliki peran yang penting dalam peralihan ke mobilitas listrik.

"Thailand memiliki posisi yang baik untuk menjadi produsen kendaraan hybrid terkemuka, dan mendukunng sektor ini juga akan membantu mempertahankan produksi suku cadang mobil kami," terangnya.

Lebih lanjut produsen yang bisa mendapatkan benefit tersebut, harus berinvestasi minimal 30 miliar baht atau setara Rp 1,3 triliun pada 2024 hingga 2027. Kemudian harus memenuhi kriteria:

  • Investasi kendaraan listrik hybrid (HEV) yang harus memenuhi standar teknis dan emisi terbaru

  • Kendaraan harus menyertakan komponen utama yang diproduksi di Thailand

  • Kendaraan harus dilengkapi setidaknya empat sistem bantuan pengemudi (ADAS) seperti pengereman darurat otomatis dan penjaga lajur

  • Kendaraan harus mematuhi batas emisi karbon yang ketat.

***

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: