terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Jokowi soal Ambil Alih Freeport: 50 Tahun Lebih Enggak Tahu ke Mana Emasnya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jokowi soal Ambil Alih Freeport: 50 Tahun Lebih Enggak Tahu ke Mana Emasnya
Oct 8th 2024, 11:02, by Nicha Muslimawati, kumparanBISNIS

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara peresmian produksi smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur, Senin (23/9/2024). Foto: Achmad Ghifari/kumparan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara peresmian produksi smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur, Senin (23/9/2024). Foto: Achmad Ghifari/kumparan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang karena PT Freeport Indonesia (PTFI) sudah mayoritas dimiliki oleh pemerintah Indonesia, setelah sekian lama mengeruk sumber daya mineral, terutama emas, di Tanah Papua.

Saat ini, pemerintah Indonesia menggenggam 51,23 persen saham PTFI, dan sisanya masih dipegang Freeport McMoran. Sebelum divestasi saham perusahaan pada 2018, Saham PTFI yang dimiliki Indonesia hanya 9,36 persen.

Pemerintah sudah menegaskan PTFI perlu kembali divestasi saham sebesar 10 persen dalam rangka perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) yang berakhir pada 2041 mendatang.

Jokowi menuturkan, saat ini PTFI sudah memiliki dua fasilitas pengolahan mineral alias smelter tembaga dan pemurnian emas yang berada di Gresik, Jawa Timur.

"Perkiraan kita setahun akan mendapatkan 50-60 ton emas, yang sebelumnya lebih dari 50 tahun karena kita belum ambil alih PT Freeport, emasnya itu larinya ke mana kita enggak tahu, 50 ton emas per tahun," tegasnya saat BNI Investor Daily Summit 2024, Selasa (8/10).

Adapun dua smelter tembaga PTFI, yakni PT Smelting dan Smelter di Manyar, Gresik, ditargetkan dapat memurnikan 3 juta ton konsentrat tembaga per tahun dengan produksi sekitar 1 juta ton katoda tembaga, 50 ton emas dan 200 ton perak per tahun.

Langkah PTFI juga diikuti oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara, dengan membangun smelter tembaga dengan kapasitas produksi 900 ribu ton konsentrat tembaga yang juga sudah diresmikan beberapa waktu lalu.

"Semuanya sudah jadi barang ini, tinggal nanti masuk lagi ke industri turunan, bisa menjadi copper foil, bisa menjadi kabel dan lain-lainnya, itu babak kedua," tuturnya.

Jokowi menegaskan, industri hilirisasi ini diperlukan karena sifatnya yang padat karya bisa menyerap lapangan pekerjaan yang besar. Namun, tak hanya mineral, dia mendorong kegiatan ini juga merambah ke komoditas lain seperti pertanian dan kelautan.

Menurutnya, selama ini keuntungan hilirisasi sudah terlihat mulai dari nikel, di mana pemerintah sudah berhenti mengekspor bijih nikel mulai tahun 2020. Industri turunan pun dibangun seperti nickel pig iron dan nickel matte untuk produksi barang stainless steel, hingga bahan baku baterai.

"Kemudian yang nickel ore ke HPAL, kemudian menuju ke precussore, cathode, dan cell battery, itu juga sudah kejadian. Artinya barang-barang ini sudah diproduksi oleh industri-industri kita," kata Jokowi.

Dampak positif dari hilirisasi nikel ini, lanjut Jokowi, terlihat dari nilai ekspor yang melonjak dari USD 2 miliar sebelum larangan ekspor, menjadi USD 34,8 miliar.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: