terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Hyper AI Telkomsel Jalankan Autonomous Network demi Jamin Kepuasan Pelanggan - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Hyper AI Telkomsel Jalankan Autonomous Network demi Jamin Kepuasan Pelanggan
Dec 4th 2024, 16:10, by Kevin S Kurnianto, kumparanTECH

Vice President Network Digitalization and Security Telkomsel Ari Sondang Widyanto Sibarani pada AI for Indonesia by kumparan di Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (4/12/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Vice President Network Digitalization and Security Telkomsel Ari Sondang Widyanto Sibarani pada AI for Indonesia by kumparan di Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (4/12/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Telkomsel menerapkan teknologi kecerdasan buatan yang canggih dan mampu menganalisis data dalam skala besar dengan kecepatan tinggi. Inovasi ini dilakukan untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,

Adopsi AI dalam proses bisnis Telkomsel telah dilakukan sejak tahun 2021. Sejak saat itu, Telkomsel mulai membangun Hyper AI yang untuk memproses informasi, sekaligus belajar dari data yang ada dalam meningkatkan kinerjanya, mengidentifikasi pola, memprediksi kebutuhan, dan memberikan rekomendasi yang lebih akurat.

"Hyper AI berangkat dari pinpoint. Jadi, kita punya sekitar 260 ribu lebih BTS yang tersebar di seluruh Indonesia. Kita punya 160 juta customer, 3G, 4G, dan 5G. Itu tentu jadi challenge buat kami, khususnya di direktorat network, bagaimana kita me-manage layanan ke pelanggan," ujar Ari Sondang Widyanto Sibarani, VP Network Digitalization and Security Telkomsel, di acara AI for Indonesia sesi Panel Discussion 2 di The Ballroom, Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (4/12).

Vice President Network Digitalization and Security Telkomsel Ari Sondang Widyanto Sibarani menyampaikan paparannya pada AI for Indonesia by kumparan di Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (4/12/2024). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Vice President Network Digitalization and Security Telkomsel Ari Sondang Widyanto Sibarani menyampaikan paparannya pada AI for Indonesia by kumparan di Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (4/12/2024). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

"Dulu kita hanya me-manage voice dan SMS atau kita sebut sebagai legacy service, tapi sekarang kita punya challenge bagaimana me-manage communication on instant messaging, kemudian video streaming, kemudian games experience. Nah, challenge ini cukup besar buat kami karena network secara keseluruhan di Telkomsel hanya dikelola oleh sekitar 1.500 orang dan itu meng-cover dari Sabang sampai Merauke termasuk teman-teman di kantor pusat."

Dengan tantangan yang besar ini, kata Ari, diperlukan network management process yang lebih simple, dan Hyper AI dapat menangani ini semua. Hyper AI dapat menganalisis data besar dari berbagai sumber, seperti data pengguna, pola lalu lintas, dan kondisi geografis. Ini membantu dalam menentukan lokasi optimal untuk pemasangan BTS.

Dengan menggunakan algoritma pembelajaran mesin, Hyper AI dapat memprediksi area dengan kebutuhan jaringan yang tinggi, sehingga BTS dapat dipasang di lokasi yang paling dibutuhkan. Selain itu, dengan menganalisis potensi interferensi antara BTS, Hyper AI dapat membantu merancang jaringan yang meminimalkan gangguan sinyal.

Hyper AI juga mampu mempercepat proses penanganan masalah hingga enam kali lebih cepat dibandingkan metode manual. Ini sangat penting dalam situasi di mana pelanggan membutuhkan solusi cepat untuk masalah yang mereka hadapi.

"Hyper AI kita punya perkawinan data yang cukup signifikan untuk mendeteksi komplainnya apa, nanti secara real-time kemudian dia komplainnya di area mana, bahkan kita sudah bisa memberikan self analysis," paparnya.

Berkat AI, penanganan gangguan di sisi operasional jaringan dapat dilaksanakan jauh lebih baik. AI bisa membedakan mana masalah yang sifatnya critical, major, dan minor sehingga bisa memprioritaskan masalah mana yang harus diselesaikan lebih dulu.

"Tanpa AI, itu tidak mungkin bisa dilakukan. Dengan AI kita bisa prioritasisasi gangguan sehingga teman-tema di lapangan bisa menyelesaikan masalah pelanggan dengan lebih cepat dan tepat," ujar Ari.

Berkat implementasi Hyper AI, dalam dua tahun terakhir Telkomsel melaporkan penurunan jumlah keluhan pelanggan sebesar 32 persen. Ini menunjukkan bahwa implementasi Hyper AI secara langsung berdampak positif pada kepuasan pelanggan.

Hyper AI berperan penting dalam meningkatkan pengalaman pelanggan Telkomsel dengan mempercepat penanganan keluhan, mengurangi jumlah keluhan, dan meningkatkan kualitas layanan secara keseluruhan. Dengan teknologi ini, Telkomsel dapat memberikan layanan yang lebih responsif dan efisien, yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: