terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Referensi Struktur Kurikulum Merdeka MI beserta Keterangannya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Referensi Struktur Kurikulum Merdeka MI beserta Keterangannya
Jan 26th 2025, 17:26, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Struktur Kurikulum Merdeka MI, sumber gambar: unsplash/Syahrul Alamsyah
Ilustrasi Struktur Kurikulum Merdeka MI, sumber gambar: unsplash/Syahrul Alamsyah

Struktur Kurikulum Merdeka MI (Madrasah Ibtidaiyah) digolongkan menjadi dua, yaitu pembelajaran berbasis proyek untuk penguatan karakter profil pelajar Pancasila dan pembelajaran instrakurikuler.

Dalam penerapan di madrasah, pembelajaran intrakurikuler dan berbasis proyek dapat dijalankan sebagai satu kesatuan. Bahkan, metode ini memungkinkan diselenggarakannya lintas mata pelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Struktur Kurikulum Merdeka MI

Ilustrasi Struktur Kurikulum Merdeka MI, sumber gambar: unsplash/Matt Ragland
Ilustrasi Struktur Kurikulum Merdeka MI, sumber gambar: unsplash/Matt Ragland

Mengutip buku Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag (2022), Struktur Kurikulum Merdeka MI dapat diimplementasikan secara kolaboratif melalui pembelajaran beberapa mapel.

Hal ini dilakukan untuk mendukung satu tema yang di dalamnya terdapat pembelajaran berbasis proyek. Dengan begitu, capaian intrakurikuler sekaligus penguatan karakter Pelajar Pancasila bisa diwujudkan. Adapun mata pelajaran beserta jam tatap muka pada masing-masing kelas yakni sebagai berikut:

1. Al-Qur'an Hadis

  • Kelas 1: 72 (2)

  • Kelas 2: 72 (2)

  • Kelas 3-5: 72 (2)

  • Kelas 6: 64 (2)

2. Aqidah Akhlak

  • Kelas 1: 72 (2)

  • Kelas 2: 72 (2)

  • Kelas 3-5: 72 (2)

  • Kelas 6: 64 (2)

3. Fikih

  • Kelas 1: 72 (2)

  • Kelas 2: 72 (2)

  • Kelas 3-5: 72 (2)

  • Kelas 6: 64 (2)

4. SKI

  • Kelas 1: -

  • Kelas 2: -

  • Kelas 3-5: 72 (2)

  • Kelas 6: 64 (2)

5. Bahasa Arab

  • Kelas 1: 72 (2)

  • Kelas 2: 72 (2)

  • Kelas 3-5: 72 (2)

  • Kelas 6: 64 (2)

6. Pendidikan Pancasila

  • Kelas 1: 144 (4)

  • Kelas 2: 144 (4)

  • Kelas 3-5: 144 (4)

  • Kelas 6: 128 (4)

7. Bahasa Indonesia

  • Kelas 1: 216 (6)

  • Kelas 2: 252 (7)

  • Kelas 3-5: 216 (6)

  • Kelas 6: 192 (6)

8. Matematika

  • Kelas 1: 144 (4)

  • Kelas 2: 180 (5)

  • Kelas 3-5: 180 (5)

  • Kelas 6: 160 (5)

9. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

  • Kelas 1: -

  • Kelas 2: -

  • Kelas 3-5: 180 (5)

  • Kelas 6: 160 (5)

10. Penjas Orkes

  • Kelas 1: 108 (3)

  • Kelas 2: 108 (3)

  • Kelas 3-5: 108 (3)

  • Kelas 6: 96 (3)

11. Seni Budaya dan Prakarya

  • Kelas 1: 108 (3)

  • Kelas 2: 108 (3)

  • Kelas 3-5: 108 (3)

  • Kelas 6: 96 (3)

12. Bahasa Inggris

  • Kelas 1: 72 (2)

  • Kelas 2: 72 (2)

  • Kelas 3-5: 72 (2)

  • Kelas 6: 64 (2)

13. Muatan Lokal

  • Kelas 1: 72 (2)

  • Kelas 2: 72 (2)

  • Kelas 3-5: 72 (2)

  • Kelas 6: 64 (2)

Total:

  • Kelas 1: 1152 (36)

  • Kelas 2: 1224 (34)

  • Kelas 3-5: 1440 (40)

  • Kelas 6: 1280 (40)

Keterangan:

Jumlah Jam Tatap Muka (JTM/waktu) pada struktur kurikulum di atas disampaikan dalam satu tahun. Masing-masing madrasah dapat merencanakan sendiri menjadi per minggu atau per bulan dengan memanfaatkan waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan capaian pembelajaran.

Madrasah juga dapat melakukan relokasi atau penambahan jam pelajaran sesuai kebutuhan. Selain itu, model pembelajarannya juga bisa diatur sesuai kebutuhan belajar siswa. Contohnya, seperti pembelajaran konvensional berbasis proyek untuk satu mata pelajaran atau kolaborasi beberapa mapel berbasis tema.

Baca juga: Struktur Kurikulum Merdeka MTs yang Wajib Diperhatikan oleh Para Pendidik

Struktur Kurikulum Merdeka MI (Madrasah Ibtidaiyah) yang dijelaskan di atas bisa dijadikan sebagai referensi. Dengan begitu, proses pembelajaran bisa lebih terstruktur sesuai panduan Kurikulum Merdeka. (DLA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: