terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Bayar Tol Nirsentuh Perlu Uji Coba Matang, Dilakukan Bertahap - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bayar Tol Nirsentuh Perlu Uji Coba Matang, Dilakukan Bertahap
Nov 13th 2024, 14:38, by Abdul Latif, kumparanBISNIS

Sistem pembayaran tol nirsentuh MLFF GNSS. Foto: Roatex
Sistem pembayaran tol nirsentuh MLFF GNSS. Foto: Roatex

Pengamat menyebut perlu ada fase uji coba terlebih dahulu sebelum sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) atau sistem bayar tol tanpa berhenti (nirsentuh) diterapkan pada Kuartal I 2025. Selain itu, MLFF juga harus dipastikan dapat diterima oleh masyarakat terutama pengguna jalan tol.

Vice President Intelligent Transportation System Indonesia sekaligus Peneliti Senior Universitas Pembangunan Jaya Resdiansyah, menurutnya fase uji coba nantinya dapat melihat kesiapan dan pola perilaku masyarakat menggunakan teknologi MLLFF.

"Harus dilakukan kajian atau FS (Feasibility Study) dulu untuk impact nya terhadap society karena berkaitan dengan behaviour atau perilaku orang, pergerakan di jalan tol khusus nya di gerbang tol," ungkapnya kepada kumparan pada Rabu (13/11).

Provider juga perlu memastikan teknologi lain MLLFF dapat diterima oleh pengguna jalan tol. Sebab pembayaran tol dalam sistem MLFF mengharuskan pengguna jalan tol menggunakan beberapa peralatan seperti On Board Unit (OBU), aplikasi di ponsel atau e-OBU dan One Route Ticketing (ORT) atau tiket satu kali pakai sesuai rute perjalanan yang dapat dibeli di aplikasi.

Sejumlah Pengendara sepeda motor melintas  melintas di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta, Sabtu (26/10/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Sejumlah Pengendara sepeda motor melintas melintas di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta, Sabtu (26/10/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga perlu memastikan kembali apakah nantinya sistem ini dapat mendeteksi seluruh kendaraan secara keseluruhan. Resdiaansyah juga menyarankan agar dilakukan transisi menggunakan Single Lane Free Flow (SLFF) atau pembayaran nirsentuh pada satu ruas pintu tol terlebih dahulu.

"Jika uji coba masih belum memenuhi persyaratan ini maka perlu dilakukan transisi melalui implementasi SLFF (melalui single lane terlebih dahulu) dan transisi menuju MLFF," sarannya.

BUJT juga perlu mengedukasi masyarakat saat masa transisi agar masyarakat tidak mencurangi sistem MLFF dengan berbagai cara. Hal ini karena sistem MLFF punya potensi merugikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) jika kendaraan yang lewat tidak dapat terdeteksi secara keseluruhan.

"Akan berjalan smoothly sambil mengedukasi masyarakat bagaimana mempunyai kesadaran untuk tidak meng 'abuse' sistem ini dengan cara tidak benar seperti mematikan HP, tidak punya data internet, memalsukan plat kendaraan atau berbagai cara upaya untuk tidak membayar mengingat sistem ini tanpa palang dan punya potensi lost cukup besar bagi para BUJT," terangnya.

Gerbang tol di ruas tol dalam kota Kela Gading-Pulo Gebang. Foto: Dok. Kementerian PUPR
Gerbang tol di ruas tol dalam kota Kela Gading-Pulo Gebang. Foto: Dok. Kementerian PUPR

Resdiansyah menyebut MLFF merupakan teknologi yang sangat bagus dan sukses di Eropa, namun perlu adaptasi terlebih dahulu jika diterapkan di Indonesia.

Dalam catatan kumparan, PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) menyebut pihaknya siap untuk mengoperasikan MLFF namun hingga kini masih perlu kesiapan berbagai pihak untuk memulai pengoperasian.

Beberapa pihak terkait yang dimaksud adalah pemerintah BUJT terkait, PT Telkom Indonesia (Persero) sebagai penyedia jaringan serta Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk urusan pembayaran. Sampai saat ini, Renaldi juga menyebut pihaknya sudah mengurus persyaratan dari BI dan OJK sesuai aturan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: