terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928, Isi dan Maknanya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928, Isi dan Maknanya
Oct 27th 2024, 17:52, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi teks keputusan kongres pemuda indonesia 1928 - Sumber: Unsplash.com/Nick Agus Arya
Ilustrasi teks keputusan kongres pemuda indonesia 1928 - Sumber: Unsplash.com/Nick Agus Arya

Teks keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 merupakan salah satu dokumen penting yang menandai langkah awal perjuangan bangsa menuju kemerdekaan. Kongres Pemuda inilah yang menjadi tonggak awal terbentuknya Sumpah Pemuda.

Dalam kongres yang berlangsung pada tanggal 27-28 Oktober 1928 ini, para pemuda dari berbagai daerah berkumpul untuk menyatukan tekad dan aspirasi demi Indonesia yang merdeka.

Isi Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928

Ilustrasi teks keputusan kongres pemuda indonesia 1928 - Sumber: Unsplash.com/Mufid Majnun
Ilustrasi teks keputusan kongres pemuda indonesia 1928 - Sumber: Unsplash.com/Mufid Majnun

Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 adalah hasil dari Kongres Pemuda II yang berlangsung pada 27-28 Oktober 1928. Teks ini mencakup tiga kalimat yang menegaskan pengakuan terhadap satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, yang kemudian dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

Berdasarkan buku Masa Prasejarah sampai Masa Proklamasi Kemerdekaan: Sejarah Nasional Indonesia, M. Junaedi Al Anshori, (2011), ikrar ini juga berfungsi sebagai simbol persatuan serta semangat nasionalisme di kalangan pemuda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan bangsa.

Berikut isi teks Keputusan Kongres Pemuda tersebut.

POETOESAN CONGRES PEMOEDA-PEMOEDA INDONESIA
Kerapatan Pemoeda-Pemoeda Indonesia jang diadakan oleh perkoempoelan-perkoempoelan pemoeda Indonesia jang berdasarkan kebangsaan, dengan namanja: Jong Java, Jong Sumatranen Bond (Pemoeda Soematera), Pemoeda Indonesia, Sekar Roekoen Pasoendan, Jong Islamieten Bond, Jong Bataks, Jong Celebes, Pemoeda Kaoem Betawi dan Perhimpoenan Peladjar-Peladjar Indonesia; membuka rapat pada tanggal 27 dan 28 October tahoen 1928 dinegeri Djakarta; sesoedahnja mendengar pidato-pidato dan pembitjaraan jang diadakan dalam kerapatan tadi; sesoedahnja menimbang segala isi pidato-pidato dan pembitjaraan ini; kerapatan laloe mengambil poetoesan:
PERTAMA KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA
MENGAKOE BERTOEMPAH-DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA.
KEDOEA KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA
MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA.
KETIGA KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA
MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATUAN, BAHASA INDONESIA.
Setelah mendengar poetoesan ini, kerapatan mengeloearkan kejakinan azas ini wadjib dipakai oleh segala perkoempoelanperkoempoelan kebangsaan Indonesia; mengeloearkan kejakinan persatoean Indonesia diperkoeat dengan memperhatikan dasar persatoeannja: kemaoean sejarah bahasa hoekoem-adat pendidikan dan kepandoean; dan mengeloearkan pengharapan soepaja poetoesan ini disiarkan dalam segala soerat kabar dan dibatjakan dimoeka rapat perkoempoelan-perkoempoelan kita.

Makna dari putusan ini sangat mendalam dan signifikan bagi sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Putusan ini menekankan perlunya dasar persatuan yang kuat, yaitu melalui sejarah, bahasa, hukum, adat, pendidikan, dan kepandaian.

Harapan untuk menyebarluaskan keputusan ini melalui media juga menunjukkan keinginan untuk menyatukan semangat perjuangan di seluruh Indonesia. Putusan ini menjadi simbol pergerakan pemuda untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Baca Juga: Isi Rapat dari Kongres Pemuda 2 Menurut Sejarah

Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 tidak hanya menjadi dokumen bersejarah, tetapi juga fondasi bagi persatuan dan semangat perjuangan bangsa. Isi teks ini yang menegaskan satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa telah menjadi pengingat bagi generasi penerus akan pentingnya menjaga persatuan dalam keberagaman. (DNR)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: